Model Pembelajaran Picture and Picture
Model Pembelajaran Picture and Picture
1. Pengertian Model Pembelajaran Picture and Picture
Model pembelajaran Picture and Picture adalah suatu model belajar dengan menggunakan gambar dan dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan logis. Model pembelajaran ini mengandalkan gambar yang menjadi faktor utama d Nalam proses pembelajaran. Maka dari itu, sebelumnya guru sudah menyiapkan gambar yang akan ditampilkan, baik dalam bentuk kartu ataupun carta dalam ukuran besar. Gambar sangat penting digunakan untuk memperjelas pengertian. Melalui gambar, siswa mengetahui hal-hal yang belum pernah dilihatnya (Shoimin,2014:122).
2. Langkah Langkah Model Pembelajaran Picture and Picture
Menurut Suprijono (2015:144-145) adapun yang menjadi langkah-langkah dalam melakukan model pembelajaran Picture and Picture yaitu :
- Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
- Guru menyajikan materi sebagai pengantar.
- Guru memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi.
- Guru menunjukkan/memanggil siswa secara bergantian memasang /mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis.
- Dari gambar tersebut guru memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai.
- Kesimpulan atau rangkuman.
3. Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Picture and Picture
Menurut Shoimin (2014:125-126), adapun yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari model pembelajaran Picture and picture adalah sebagai berikut :
a. Kelebihan
- Memudahkan siswa untuk memahami apa yang dimaksudkan oleh guru ketika menyampaikan materi pembelajaran.
- Siswa cepat tanggap atas materi yang disampaikan karena diiringi dengan gambar-gambar
- Siswa dapat membaca satu per satu sesuai dengan petunjuk yang ada pada gambar-gambar yang diberikan.
- Siswa lebih berkonsentrasi dan merasa asyik karena tugas yang diberikan oleh guru berkaitan dengan permainan mereka sehari-hari, yakni bermain gambar
- Adanya saling berkompetensi antar kelompok dalam penyusunan gambar yang telah dipersiapkan oleh guru sehingga suasana kelas terasa hidup.
- Siswa lebih kuat mengingat konsep-konsep atau bacaan yang ada pada gambar.
b. Kekurangan
- Memakan banyak waktu
- Banyak siswa yang pasif.
- Harus mempersiapkan banyak alat dan bahan yang berhubungan dengan materi yang akan diajarkan dengan model tersebut.
- Guru khawatir akan terjadinya kekacauan dikelas.
- Membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-ruzz Media : Yogyakarta.
Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning (Teori &Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Model Pembelajaran Picture and Picture
Reviewed by Unknown
on
February 18, 2018
Rating:
No comments: