Contoh Makalah Komponen RPP KTSP
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Didalam proses belajar mengajar penggunaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sangat dibutuhkan. Dimana rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) digunakan oleh setiap pengajar sebagai pedoman umum untuk melaksanakan pembelajaran kepada peserta didiknya, karena di dalamnya berisi petunjuk secara rinci, pertemuan demi pertemuan, mengenai tujuan, ruang lingkup materi yang harus diajarkan, kegiatan belajar mengajar, media, dan evaluasi yang harus digunakan. Oleh karena itu, dengan berpedoman RPP ini pengajar akan dapat mengajar dengan sistematis, tanpa khawatir keluar dari tujuan, ruang lingkup materi, strategi
1.1. Rumusan Masalah
- Apa saja komponen penyusun RPP ?
- Apa saja tujuan pembuatan RPP ?
- Bagaimana cara pembuatan RPP ?
1.3. Tujuan penulisan makalah
- Mengetahui apa saja komponen penyusun RPP
- Mengetahui apa saja tujuan pembuatan RPP
- Mengetahui bagaimana cara pembuatan RPP .
BAB II
ISI
2.1. Definisi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Menurut anonim (2013: 1) menyatakan bahwa definisi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau yang kita kenal dengan singkatan RPP adalah sebuah perangkat pembelajaran yang mendukung seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Sedangkan pengertian RPP berlandaskan UU No.19 tahun 2005 adalah seperangkat rencana yang menggambarkan proses dan Prosedur pengorganisasian kegiatan pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar (KD) yang telah ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan di dalam silabus. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP dalam bentuk pendeknya adalah serangkaian rencana pembelajaran yang harus disusun guru sebelum mengajar. Pada intinya semua rencana pembelajaran tertuang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP. Mesti diingat bahwa dalam upaya membelajarkan suatu materi sudah pasti memiliki tujuan. Tujuan itu dinamakan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran itulah yang harus direncanakan pencapainnya melalui RPP.
Pengertian lain dari Dewanto (2013 :1 ) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran [RPP] adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Maka ringkasnya RPP adalah rencana operasional kegiatan pembelajaran setiap atau beberapa kompetensi dasar dalam setiap tatap muka di kelas. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) harus berupa kegiatan konkret setapak demi setapak yang dilakukan oleh guru di kelas dalam mendampingi peserta didik. Satu hal yang amat penting dalam penyusunan RPP adalah bahwa kegiatan pembelajaran harus diarahkan agar berfokus pada peserta didik, sedangkan guru berperan sebagai pendamping, fasilitator. Artinya, ketika guru memilih pendekatan, metode, materi, pengalaman belajar, interaksi belajar mengajar harus memungkinkan peserta didik berinteraksi dan aktif, sedang guru memfasilitasi dan mendampinginya. Dari pengertian RPP di atas dapat kita pahami bahwa fungsi RPP adalah untuk mencapai satu KD, dan tidak boleh memuat lebih dari satu kompetensi dasar di dalam sebuah RPP (Hardiyanto. 2012 :2).
2.2. Komponen Penyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Menurut , Wardiansyah (2014 : 3 ) , Komponen utama RPP adalah tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembejaran, sumber pembelajaran dan penilaian hasil belajar. Komponen penyusun RPP meliputi :- Identitas mata pelajaran, meliputi : satuan pembelajaran, kelas, semester, Program study, mata pelajaran atau tema pelajaran, jumlah pertemuan .
- Standar kompetensi, merupakan kulifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan penegetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/atau semester pada suatu mata pelajaran.
- Kompetensi dasar (KD), adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyususan indikator kompetekansi dalam suatu pelajaran.
- Indikator pencapaian kompetensi adalah periaku yang dapat diukur dan/atau dioservasi untuk menentukan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap ,dan keterampilan .
- Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang harapkan dan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar (KD). Tujuan pembelajaran dirumuskan oleh peserta didik dirumuskan berdasarkan SK, KD dan kemampuan yang ditelah ditukis dalam silabus dan menggunaan kata kerja opersional yang dapat diukur dan diamat. Tujuan pemeblajaran dapat ditulis dalam bentuk kalimat lengkap, menggunakan rumus audience (peserta didik), behavior (perilaku dalam bentuk kata kerja operasional), condition and degree (ABCD).
- Meteri pembelajaran adalah materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan dikembangkan dengan mengacu pada materi pembelajaran dalam silabus . memuat fakta , konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam butir-butir, sesuai dengan rumusan indicator pencapaian kompetensi.
- Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian kompetensi dasar (KD), dan beban belajar.
- Metode pembelajaran dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan/atau strategi yang dipilih, misalnya metode Tanya jawab, diskusi, eksperiment, dan beberapa model pembelajaran, seperti pembelajaran TCL (teacher centre lerning), dan pembelajaran kooperatif. Digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan. Pemilihan metode pembelajaran ditetapkan sesuai dengan situasi pembelajaran.
2.3. Tujuan serta Fungsi Pembuatan RPP
Menurut Fatmawati (2013 : 2 ) dengan adanya pembuatan Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP) diharapkan agar :- Memberikan landasan pokok bagi guru dan siswa dalam mencapai kompetensi dasar dan indikator.
- Memberi gambaran mengenai acuan kerja jangka pendek.
- Karena disusun dengan menggunakan pendekatan sistem, memberi pengaruh terhadap pengembangan individu siswa.
- Karena dirancang secara matang sebelum pembelajaran, berakibat terhadap nurturant effect.
Sedangkan fungsi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar (kegiatan pembelajaran) agar lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efesien. Dengan kata lain rencana pelaksanaan pembelajaran berperan sebagai scenario proses pembelajaran. Oleh karena itu, rencana pelaksanaan pembelajaran hendaknya bersifat luwes (fleksibel )dan member kemungkinan bagi guru untuk menyesuaikan dengan respon siswa dalam proses pembelajaran sesungguhnya.
2.4. Cara Pembuatan RPP
- Prinsip penyusunan RPP
Menurut Fatmawati (2013 : 4) ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam penyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran meliputi :- Spesifik
- Operasional
- Sistematis
- Jangka pendek (1-3 kali pertemuan)
Berdasarkan PP 19 Tahun 2005 Pasal 20 dinyatakan bahwa: ”Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar”. Sesuai dengan Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses dijelaskan bahwa RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan ke¬giatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD. Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
2. Langkah- Langkah Penyusunan RPP
Menurut Munthe (2009 :200-201 ) menyebutkan bahwa langkah-langkah pembuatan RPP adalah sebagai berikut :- Mengisi kolom identitas
- Menentukan alokasi waktu yang dibutuhkan untuk pertemuan yang temuan yang telah ditetapkan
- Menentukan standar kompetensi dasar, dan indikator yang telah digunakan pada silabus yang telah disusun
- Merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator yang telah ditentukan.
- Mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus. Materi ajar merupakan uraian dari materi pokok/pembelajaran.
- Menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan
- Merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri atas kegiatan awal, inti, dan akhir.
- Menentukan alat/bahan/sumber belajar yang digunakan
- Menyusun kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran, dan lain-lain.
Contoh format RPP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata pelajaran :
……………………………………………………………
Kelas / semester :
..…………………………………………………………..
Pertemuan ke- :
…………………………………………………………...
Alokasi waktu :
……………………………………………………………
Standar kompetensi : ……………………………………………………………
Kompetensi dasar : …………………………………………………………....
Indikator
: ………………………………………………………….....
- Tujuan pembelajaran :……………………………..
- Materi ajar : …………………………….
- Metode pembelajaran : ……………………………..
- Langkah Langkah pembelajaran :
- Kegiatan
inti :
- Kegiatan akhir :
5. Alat/
bahan/ sumber belajar :
…………………………...
6. Penilaian :
……………………………
BAB IIIPENUTUP
3.1. KESIMPULAN
- Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus.
- Adapun komponen penyusun RPP yaitu : mata pelajaran, alokasi waktu , tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar
- Tujuan pembuatan RPP adalah untuk :
- Memberikan landasan pokok bagi guru dan siswa dalam mencapai kompetensi dasar dan indikator
- Memberi gambaran mengenai acuan kerja jangka pendek
- Karena disusun dengan menggunakan pendekatan sistem, memberi pengaruh terhadap pengembangan individu siswa
- Karena dirancang secara matang sebelum pembelajaran, berakibat terhadap nurturant effect.
3 3.2. SARAN
Dengan adanya makalah tentang pembuatan
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) ini diharapkan agar mahasiswa dapat
megetahui cara pembutan RPP. Dimana sebagai calon seorang tenaga pengajar,
sangat Dibutuhkan kemampuan dalam pembuatan RPP, karena hukumnya wajib. Sehingga tercapai tujuan belajar yang efektif
dan efesien.
DAFTAR PUSTAKA
Anonim.
2013 .rencana pelaksanaan pembelajaran. https://efullama.com/adm-kelas/rencanapelaksa naan-pembelajaran-rpp/.
Diakses pada 10 desember 2014.
Dewanto,
A.G. 2012. Pengertian rencana pelaksanaan pembelajaran. http://oneallstudents.com/2012/03/pengertian-rencana-pelaksanaan.html. Diaskes pada 12 desember 2014.
Fatmawati,
Ika. 2013. Rencana pelaksanaan pembelajaran.
http://www.m- edukasi.web.id/2013/07/ rencana-pelaksanaan-pembelajaran-rpp.html.Diakses
pada 12 desember 2014.
Hardiyanto,
E. 2012. Rencana pembelajaran . http://www.slideshare.net
/yangyatao/rpp-rencana-pembelajaran-slideshare-250913.
Diakses pada 12 desember 2014.
Munthe,
Bermawi .2009. Desain Pembelajaran. Pustaka
Insani Madani : Yogyakarta
Wardiansyah. 2014. Defenisi RPP. http://www.slideshare. net/ bagatak/ definisi-rpp. Diakses pada 10 desember 2014.
Contoh Makalah Komponen RPP KTSP
Reviewed by Unknown
on
February 27, 2018
Rating:
No comments: